Visi

Visi pembangunan daerah dalam RPJMD adalah visi kepala daerah dan wakil kepala daerah terpilih yang disampaikan pada waktu Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Visi menggambarkan arah pembangunan atau kondisi masa depan dalam masa jabatan selama 5 (lima) tahun. Visi bukan hanya mimpi ataupun serangkaian harapan, namun suatu komitmen dan upaya merancang serta mengelola perubahan untuk mencapai tujuan pembangunan 5 tahun ke depan. Visi harus didasarkan pada realita dan harus dapat menunjukkan gambaran masa depan yang ideal bagi pembangunan daerah dan masyarakat. Visi pembangunan Daerah Kabupaten Aceh Tamiang untuk periode RPJMD Tahun 2017-2022 sebagai berikut:

   “Aceh Tamiang Mandiri dan Berdaya Saing Menuju Masyarakat Islami Yang Sejahtera”

Misi

Dalam upaya mewujudkan visi dan memperhatikan perubahan paradigma dan isu-isu strategis serta kondisi yang akan dihadapi pada masa yang akan datang, maka ditetapkan misi pembangunan Kabupaten Aceh Tamiang Tahun 2017-2022 sebagai berikut :

  1. Meningkatkan kualitas pengamalan syariat islam dengan upaya keteladanan dan pengembangan budaya islami.
  2. Memantapkan tata kelola pemerintahan yang baik, melayani, berkualitas dan berbasis information communication technology (ICT).
  3. Meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pemberdayaan ekonomi kerakyatan dan optimalisasi pemanfaatan potensi unggulan daerah.
  4. Meningkatkan kualitas hidup masyarakat.
  5. Meningkatkan pembangunan infrastruktur, prasarana, sarana layanan dasar serta pembangunan lingkungan berkelanjutan dan mitigasi bencana.
  6. Pemberdayaan dan perlindungan terhadap perempuan dan anak serta kelompok yang termajinalkan.